-->

Kebun Raya Bogor

: 17:35:00

Berbagai macam tempat wisata yang sangat menarik yang dimiliki kawasan kota bogor dan dapat Anda jadikan destinasi wisata ketika ingin liburan menuju kota Bogor dan sekitarnya. Kebun Raya Bogor yang terkenal sebagai kebun Botani Tropis adalah salah satu nama kawasan wisata yang paling populer sebagai kebun riset tanaman tropis dan sering menjadi tempat tujuan utama para wisatawan yang berasal dari Jakarta, Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia bahkan wisatawan asing. 

Selain difungsikan sebagai salah satu tempat wisata di Bogor, kebun raya Bogor ini juga dijadikan tempat penelitian para Mahasiswa dan para Ilmuan. Nilai historis yang dimiliki kebun dan Istana Bogor ini sangat tinggi, kenyamanan, kesejukan, serta keasriannya mampu untuk mencuri perhatian dari banyak wisatawan yang datang berkunjung, disini para wisatawan yang berasal dari mancanegara ataupun nusantara yang datang berkunjung dapat menikmati kesejukan alam hutan yang berada di tengah kota  
Sejarah Kebun Raya Bogor 
 Kebun Raya Bogor Pada Awalnya Adalah bagian Dari Samida ( Rimba Buatan Atau Taman Buatan ) Yang Sekurang-Kurangnya Sudah Ada Pada Pemerintahan Sri Baduga Maharaja ( Prabu Siliwangi, 1474-1513 ) Dari Kerajaan Sunda, Sebagaimana Tertulis Didalam Prasasti Batutulis. Rimba Buatan Itu Ditujukan Untuk Kepentingan Melindungi Kelestarian Lingkungan Sebagai Area Memelihara Benih Benih Kayu Yang Langka. Di Samping Samida Itu Dibikin Juga Samida Yang Sama Di Perbatasan Cianjur Dengan Bogor ( Rimba Ciung Wanara ). Rimba Ini Lantas Dilewatkan Sesudah Kerajaan Sunda Takluk Dari Kesultanan Banten, Sampai Gubernur Jenderal Van Der Capellen Membangun Rumah Peristirahatan Di Di Antara Sudutnya Pada Pertengahan Abad Ke-18. 

Pada Awal 1800-An Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles, Yang Menempati Istana Bogor Serta Mempunyai Ketertarikan Besar Didalam Botani, Tertarik Mengembangkan Halaman Istana Bogor Jadi Sesuatu Kebun Yang Cantik. Dengan Pertolongan Beberapa Pakar Botani, W. Kent, Yang Turut Membangun Kew Garden Di London, Raffles Menyulap Halaman Istana Jadi Taman Bergaya Inggris Klasik. Inilah Semula Kebun Raya Bogor Didalam Memiliki Bentuk Saat Ini. Pada Th. 1814 Olivia Raffles ( Istri Dari Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles ) Meninggal Dunia Dikarenakan Sakit Serta Dimakamkan Di Batavia. Sebagai Pengabadian, Monumen Untuknya Didirikan Di Kebun Raya Bogor.

Monument 
Ide pertama pendirian Kebun Raya Bogor bermula dari seorang ahli biologi yaitu Reindwardt yang menulis kepada Komisaris Jenderal G. S. G. P. van der Capellen. Dalam suratnya Reindwardt mengemukakan keinginannya untuk meminta sebidang tanah yang akan dijadikan kebun tumbuhan yang berguna, sebagai tempat pendidikan guru, koleksi tumbuhan juga dikembangkan menjadi kebun yang lain. 

Kebun Botani yang didirikan tanggal 18 Mei 181 7 oleh, Prof. Dr. C. G. L. Reindwardt yang kemudian dinamakan, s'Lands Plantentuinte Buitenzorg tersebut lebih dikenal dengan nama Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Bogor sepanjang perjalanan sejarahnya mempunyai berbagai nama yaitu "s'Lands Plantentuin, "Syokubutzuer "Botanical Garden of Buitenzorg, "Botanical Garden of Indonesia", Kebun Gede dan Kebun Jodoh. Namun pada akhirnya lebih dikenal dengan nama Kebun Raya Bogor. Pendiriannya diawali dengan menancapkan ayunan cangkul pertama di bumi Pajajaran sebagai pertanda dibangunnya pembangunan Kebun itu, yang pelak sanaannya dipimpin oleh Reindwardt sendiri, dibantu oleh Mr. James Hooper dan W. Kent dari Kebun Botani Kew yang terkenal di Inggris, di kota Richmond. Reindwardt perintis usaha di bidang Herbarium. Ia juga dikenal sebagai seorang pendiri Herbarium Bogoriense. 

Pada tahun 1822 Reindwardt diganti oleh Dr. Carl Ludwig Blume yang melakukan inventarisasi tanaman koleksi yang tumbuh di kebun. Ia juga menyusun katalog kebun yang pertama berhasil dicatat sebanyak 912 jenis (species) tanaman.  

Tiket Masuk Kebun Raya Bogor
  • Tiket Masuk Rp. 14.000,- / orang. 
  • Tiket Khusus Wisatawan Asing Rp. 25.000,- / orang. 
  • Kendaraan Keliling Roda 4 Rp. 30.000,-. 
  • Parkir Kendaraan Roda 2 Rp. 5.000,-. 
  • Tiket Sepeda Keliling Rp. 5.000,-. 
  • Tiket masuk sudah termasuk Asuransi Jasa Raharja Distribusi Pemkot dan Masuk Museum Zoologi. untuk pemesanan fasilitas dan informasi silahkan hubungi Telp/Fax.(0251)8311362.

Peta Lokasi Kebun Raya Bogor : klik disini

Alamat Kebun Raya Bogor : 

1komentar

Unknownsaid...

Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Kebun Raya Bogor " .
Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis dan mungkin anda minati. Anda dapat mengunjungi di Indonesia by Universitas Gunadarma

Post a Comment