-->

Kunjungan Wisata di Istana Bogor

: 01:45:00

Istana bogor itu tidak hanya tempat yang asyik untuk dikunjungi. Tempat ini bukan hanya sekedar tempat rekreasi. Istana ini merupakan tempat kediaman presiden selama menjabat sebagai tokoh nomer satu di Indonesia. Meskipun menjadi tempat kediaman presiden, bukan berarti jika masyarakat umum tidak bisa memasukinya.

Dulunya istana ini bernama Buitenzorg. Buitenzorg merupakan tempat singgah atau peristirahatan dari gubernur, jenderal dari belanda maupun inggris. Seiring dengan kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia, maka tempat ini mulai dipergunakan untuk kepentingan Negara. Salah satunya adalah sebagai tempat kediaman presiden. Dan setelah berubahnya era, kemudian namanya diganti dengan istana bogor. 

Di istana ini mulanya dikhususkan untuk istana kepresidenan dimana kejadian atau peristiwa yang berhubungan dengan pemerintahan pernah berlangsung disini misalnya adalah konferensi 5 negara. Namun setelah itu, segala aktifitas mulai berubah atau tidak lagi digunakan untuk hal seperti itu. 

Untuk itu, masyarakat yang mulanya hanya bisa mendengar tentang istana ini mulai bisa mengunjunginya. Ya, hal ini dikarenakan telah ada perijinan dimana setiap pengunjung boleh memasuki kawasan ini dengan ijin-ijin tertentu. Tentang menariknya tempat ini adalah tentu saja koleksi-koleksi karya seni yang ada di dalam istana. Selain itu, taman-taman yang ada di sekitar istana menambah pesona keindahan dari istana yang bergaya seni eropa abad ke-19 ini. 
Tak hanya itu saja, area dimana terdapatnya rusa-rusa yang berasal dari Nepal ini menambah keunikan dari istana. Dan, disini pengunjung bisa merasakan pengalaman memberi makan rusa tersebut dengan wortel-wortel yang telah diseidakan petani di sekitar tempat ini. 

Peraturan Pengunjung Istana Bogor 
Nah, untuk memasukinya perlu beberapa hal yang harus diperhatikan pengunjung. 
Pertama adalah mengajukan surat permohonan kunjungan ke istana kepada sekertariat atau kepala istana di bogor. Surat ini berisi tentang daftar nama pengunjung serta identitas dalam bentuk fotocopy. 
Kedua adalah minimal pengunjung istana adalah 25 orang, dan memberikan surat yang telah disetujui itu ke pihak istana paling tidak seminggu sebelum pengunjung berencana untuk ke istana ini. Tunggulah kurang lebih 3 hari setelah menyerahkan surat tadi untuk mengetahui hasilnya.  

Harga Tiket Masuk Istana Bogor
Tiket masuk Rp.14.000 buat pengunjung lokal sekitar, dan Rp.25.000 perorangnya untuk pengunjung asing. Lalu bagaimana pengunjung ke istana ini. Ada beragamalternatif yang bisa dipilih oleh pengunjung yaitu dengan kendaraan roda 4 atau 2, atau bahkan alat transportasi lainnya. 

Di istana ini, pengunjung bisa memasuki tempat ini, dan berkeliling dengan kendaraan roda 4. Dengan cara ini, pengunjung akan ditarik biaya lagi sekitar Rp.30.000. Namun jika pengunjung memilih opsi lain seperti menyewa sepeda keliling maka tinggal mengeluarkan biaya sekitar Rp.5000 saja. 

Alamat Lengkap Istana Bogor 
Nah, berbicara banyak hal tentang istana, tentu saja tidak akan lengkap jika tanpa mengetahui alamat lengkapnya. Ya, pengunjung bisa menuju ke jalan Ir. Juanda No.1, Kelurahan Paledang, kecamatan Kota Bogor Tengah, Kotamadya Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. untuk melihat detail lokasinya klik disini!! Demikianlah informasi tentang cara berkunjung serta deskripsi umum tentang istana bogor yang bersejarah di bogor ini.

Post a Comment